Penyebab dan Cara Mengatasi Penuaan Dini

rina

Penyebab dan cara mengatasi penuaan dini - Siapa sih yang tidak ingin terlihat awet muda. Setiap orang pasti ingin agar seluruh tubuh terutama wajah bisa terlihat awet muda. Dengan wajah yang awet muda akan menambah kepercayaan diri saat berada didekat banyak orang.

Berbicara tantang penuaan dini, hal itu sangat dibenci oleh setiap orang terutama oleh para wanita yang lebih memperhatikan penampilan. Pada dasarnya penuaan dini ini sering terjadi pada seseorang yang memiliki kulit kering. Kulit yang kering akan lebih sedikit kadar sebumnya. Sehingga kandungan minyak untuk melindungi kulit sangatlah sedikit.

Untuk mengatasi masalah penuaan dini, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Namun sebelumnya anda harus tahu terlebih dulu apa saja yang menyebabkan terjadinya penuaan dini. Hal ini ditujukan agar anda tidak melakukan hal yang sama yang menjadi penyebab penuaan ini.
Penyebab dan Cara Mengatasi Penuaan Dini
Penyebab dan Cara Mengatasi Penuaan Dini

Penyebab penuaan dini

1. Sinar matahari

Sinar matahari adalah salah satu penyebab terjadinya penuaan dini. Bahkan sinar matahari ini merupakan pengaruh yang signifikan bagi seorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya dan perlu dihindari sinar ultravioletnya adalah waktu pukul 10.00-15.00. Selain itu gunakanlah tabir surya untuk melindungi kulit anda dari sinar ultra violet.

2. Radikal bebas

Radikal bebas juga merupakan penyebab terjadinya penuaan dini. Seperti polusi udara, air yang tercampur bahan-bahan kimia, perubahan cuaca ekstrim, serta faktor lainnya yang menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas adalah molekul jahat yang dapat menggerogoti sel-sel termasuk didalamnya jaringan kolagen.

3. Polusi udara

Sama halnya dengan poin dua, yaitu polusi udara. Polusi udara sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Jika kulit kita selalu terkena polusi udara, maka besar kemungkinan akan lebih rentan terkena penuan dini. Berbagai macam asap, seperti asap pabrik, rokok, asap kendaraan, dan lainnya dapat merusak kulit tubuh termasuk wajah.

4. Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan kafein dalam rokok dapat menyebabkan kulit anda cepat mengerut dan bergaris. Penuaan dini akan lebih cepat dialami bagi seseorang yang selalu melakukan kebiasaan merokok.

Baca juga : Bahaya rokok bagi kesehatan

5. Alkohol

Pada dasarnya alkohol bukanlah sebuah minuman, melainkan diperuntukkan bagi pengobatan. Minuman yang beralkohol sangat tidak baik untuk kesehatan. Bahkan sangat merusak kulit tubuh termasuk wajah. Kuli wajah akan tampak tua lebih cepat dari biasanya.

6. Nutrisi yang buruk

Kekurangan nutrisi pada tubuh juga sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Nutrisi sangat penting bagi pertumbuhan kulit. Kulit ak akan bisa sempurna jika tanpa diberikan nutrisi yang sempurna pula. Oleh sebab itu sangat perlu untuk memenuhi asupan nutrisi pada tubuh.

7. Kafein

Sama halnya poin empat. Kafein merupakan salah satu kandungan yang dapat merusak kesehatan kulit. Kandungan kafein yang biasanya terdapat pada kopi, teh, dan rokok merupakan kandungan yang sangat berbahaya bagi kulit jika dikonsumsi terlalu banyak.

Baca juga : Efek buruk kafein bagi kesehatan dan kecantikan

8. Kurang tidur atau sering begadang

Apakah anda sering begadang? Jika iya, maka sebaiknya hentikanlah dari sekarang. Sebab sering begadang atau kurang tidur adalah suatu kebiasaan yang dapat merusak kesehatan dan kecantikan kulit. Orang yang kurang tidur lebih rentan mengalami penuaan dini.

9. AC

Bagi anda yang selalu berpapasan dengan AC, entah itu karena pekerjaan atau karena yang lainnya, berhati-hatilah. Sebab selalu berada di ruangan yang ber-AC sangat tidak baik untuk kesehatan kulit. AC dapat membuat kulit menjadi tua lebih cepat dari biasanya. Hal ini akan terjadi secara perlahan tanpa disadari.

10. Stres

Masalah yang selalu datang memang terkadang sulit untuk diatasi. Seringkali masalah tersebut membuat pikiran dan hati kita tidak tenang. Sehingga datanglah stres. Ketika anda stres, segeralah untuk diatasi, sebab kalau stres berkepanjangan dan sering, maka akan dapat menyebabkan penuaan dini.

11. Makanan

Ada beberapa jenis makanan yang memang tidak baik untuk kesehatan kulit. Seperti makanan manis, asin, dan makanan yang tidak sehat lainnya. Sebaiknya hindarilah beberapa jenis makanan yang tergolong dalam katregori makanan tersebut. Sebab makanan tersebut dapat merusak kesehatan kulit secara perlahan.

Cara mengatasi penuaan dini

Setelah anda mengetahui deretan penyebab terjadinya penuaan dini. Yang perlu anda ketahui berikutnya adalah bagaimana cara mengatasi penuaan dini. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan unuk mengatasi penuaan dini:

1. Menggunakan madu

Madu telah dipercaya akan khasiatnya yang banyak dan baik untuk kesehatan serta kecantikan. Khususnya untuk kecantikan kulit. Perawatan secara rutin menggunakan madu dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah anda. Madu juga dapat membantu mencerahkan kulit anda secara merata. Untuk perawatannya, anda cukup mengoleskannya secara merata pada kulit wajah anda. Tunggu 20 meni lalu bilas dengan air. Lakukan rutin 2 minggu sekali.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan dan cara membuatnya

2. Mentimun

Mentimun adalah salah satu bahan alami yang juga bisa anda gunakan untuk perawatan. Mentimun mengandung air hingga 90%. Mentimun dapat mencegah dehidrasi pada kulit sehingga tidak mudah keriput maupun kulit kering. Cukup gunakan masker mentimun secara rutin agar kulit anda tetap terjaga dan awet muda.

Baca juga : Manfaat masker mentimun dan cara membuatnya

3. Buah alpukat

Anda juga bisa memanfaatkan buah alpukat ini untuk perawatan kecantikan kulit anda. Buah alpukat mampu mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit, terutama pada sekitar mata. Lebutkan buah alpukat lalu aplikasikan pada kulit wajah anda secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat masker alpukat dan cara membuatnya

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dapat mengatasi masalah penuaan dini. Dengan perawatan menggunakan minyak kelapa secara rutin akan dapat terhindar dari penuaan dini. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada kulit wajah anda merata. Lakukanlah secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

5. Minyak zaitun dan lemon

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang juga bisa mengatasi masalah penuaan dini selain minyak kelapa. Anda bisa mmanfaatkan minyak zaitun dengan campuran air lemon. Kandungan vitamin C pada lemon dapat membantu mencerahkan kult anda. Campurkan minyak zaitun dan air lemon secukupnya. Lalu oleskan pada kulit wajah anda merata.

Baca juga : Manfaat masker minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah

6. Pisang

Pisang bukan hanya enak saat dimakan. Kandungan didalamnya juga dapat membantu anda mengatasi masalah penuaan dini. Pisang yang dijadikan sebagai masker mampu membantu menyamarkan tanda kerutan pada wajah. Cukup buat sebuah krim dengan pisang. Aplikasikan krim pisang ini pada kulit wajah anda. Tunggu 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat masker pisang dan cara membuatnya

7. Kentang dan bengkoang

Kentang dan bengkoang merupakan perpaduan yang sangat cocok untuk masalah penuaan dini. Anda bisa mengkombinasikan kedua bahan ini untuk mengatasi penuaan dini. Haluskan kedua bahan secukupnya. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah anda merata. Setelah beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

8. Gunakan pelembab pada wajah

Setiap kali anda akan keluar ruangan, gunakanlah pemlembab khusus kulit wajah yang cocok dengan kulit wajah anda. Sebab tidak semua kulit cocok dengan pelembab. Gunakan yang cocok pada kulit anda dan gunakan rutin setiap hari. Dengan begitu kulit anda akan terjaga dari kesehatannya.

9. Konsumsi buah, ikan, dan sayur yang cukup

Konsumsilah buah-buahan, ikan, dan sayur yang cukup. Kandungan nutrisi dan gizi pada buah, ikan, dan sayur akan dapat membantu menjaga kesehatan kulit anda. Konsumsilah secara rutin setiap hari agar kesehatan kulit anda tetap terjaga. Anda bisa menjadikan itu semua sebagai menu makanan sehari-hari anda.

10. Perbanyak minum air

Perbanyaklah juga minum air. Air dapat mencegah anda dehidrasi. Dengan minum air secara cukup tiap harinya akan dapat mencegah kekeringan pada kulit. Pada umumnya minum air putih atau mineral minila 8 gelas per hari. Dengan asupan air yang cukup juga dapat membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

Baca juga : Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan

11. Tidur yang cukup

Tidurlah yang cukup. Terlalu banyak begadang akan dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Dengan tidur yang cukup, durasi waktu yang cukup, bangun di waktu yang tepat, dan setiap hari selalu mengulangi pada waktu yang sama, itu akan membantu menjaga kesehatan anda, baik tubuh maupun kulit anda. Kulit akan tampak lebih fresh saat bangun dan akan terjaga kecantikannya.

Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Penuaan Dini. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.