Penyebab dan Cara Alami Mengobati Mata Bintitan

rina

Penyebab dan cara alami mengobati mata bintitan - Mata bintitan memang seringkali menjadi pengganggu. Bukan hanya mengganggu penampilan saja, rasa percaya diri pun menjadi berkurang, dan menjalankan aktivitas pun menjadi kurang nyaman.

Bintitan pada mata ini biasanya disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan mata. Bintitan ini biasanya berbentu benjolan kecil yang berwarna merah pada kelopak mata tepatnya pada pangkalan bulu mata. Biasnaya akan hilang dengan sendirinya pada beberapa hari kedepan tanpa meninggalkan bekas. Lalu bagaimana cara mengobatinya agar bisa cepat hilang?

Untuk mengobatinya sebenarnya mudah. Yang paling utama adalah selalu menjaga kebersihan mata, yaitu dengan rutin mengkompres agar terbebas dari bakteri penyebab bintitan. Selain itu, ada juga cara lain yang bisa anda lakukan. Namun sebelumnya, anda perlu mengetahui lebih lanjut lagi mengenai penyebab mata bintitan.
Penyebab dan Cara Alami Mengobati Mata Bintitan
Penyebab dan Cara Alami Mengobati Mata Bintitan

Penyebab mata bintitan

Pada umumnya mata bintitan disebabkan oleh infeksi bagian akar atau pangkal bulu mata (folikel) yang ditimbulkan oleh banyak faktor yang akhirnya menyebabkan bulu mata tersebut terinfeksi bakteri. Terinfeksi bakteri ini tentu saja karena kurangnya menjaga kebersihan mata.

Selain itu, kelilipan juga bisa menjadi penyebab terjadinya mata bintitan. Ya, kelilipan debu atau benda asing lainnya ini bisa menyebabkan maa terinfeksi bakteri yang akhirnya terjadi peradangan yang diawali dengan rasa gatal pada kelopak mata dan rasa nyeri pada pinggir bagian kelopak mata. Oleh sebab itu, jika mata terasa gatal jangan langsung dikucek agar tidak terjadi infeksi. Apalagi kalau tangannya kotor, ini akan memudahkan bakteri menempel pada mata anda. Cucilah tangan anda hingga bersih dan hindari kucek-kucek mata. Cucilah muka anda dengan sabun untuk mempersihkan bakteri atau kuman pada wajah anda terutama pada pangkal bulu mata.

Gejala-gejala bintitan

  • Mata berair dan merah
  • Kelopak mata bengkak dan terasa nyeri
  • Munculnya kotoran mata di sekeliling kelopak mata

Cara mengobati mata bintitan

1. Menggunakan bawang putih

Bawang putih bersifat antiseptik yang sangat membantu penyembuhan ini. Anda bisa menggunakan bawang putih ini untuk mengobati masalah mata bintitan. Cukup haluskan bawang putih lalu oleskan pada nagian yang bintitan. Tapi harus hai-hati, jangan sampai terkena mata karena kan terasa perih jika terkena mata. Bawang putih ini berfungsi mencegah terjadinya peradangan lebih lanjut.

2. Menggunakan air hangat

Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk mengatasi mata bintitan. Cukup menggunakan handuk yang bisa anda gunakan untuk mengkompres bagian mata yang bintitan dengan air hangat. Pastikan anda menggunakan handuk yang bersih. Anda juga bisa menmbahkan garam pada air hangat. Air hangat ini dapat membuat kelopak mata anda terasa lebih rileks. Lakukan secara rutin 3-4 kali sehari sampai 3 hari akan bisa membaik.

3. Menggunakan salep

Mata yang bintitan juga bisa anda obati dengan menggunakan salep. Anda bisa mendatangi dokter atau pelayanan kesehatan yang dekat dari rumah anda. Dokter akan memberikan resep salep untuk mengobati masalah mata yang bintitan. Anda bisa menggunakan salep itu sesuai yang dianjurkan oleh dokter.

4. Dengan daun sirih

Daun sirih dipercaya mampu mengobati mata yang bintitan secara efektif. Daun sirih memiliki sifat anti bakteri. Anda cukup menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan kelopak mata yang terkena bintitan. Lakukan secara rutin sampai benar-benar sembuh.

5. Menggunakan teh celup

Teh celup bukan hanya bisa diminum saja, tapi juga bisa anda gunakan untuk menyembuhkan mata yang bintitan. Anda cukup menggunakan kantong teh celup yang telah digunakan untuk menyeduh teh. Kantong teh celup ini anda gunakan untuk mengkompres kelopak mata anda. Cara ini bisa meredakan rasa sakit pada mata.

Baca juga : Manfaat luar biasa kantung teh bekas untuk kecantikan

6. Dengan ketumbar

Anda juga bisa mencoba pengobatan alami yang satu ini. Yaitu dengan memanfaatkan ketumbar untuk mengobati mata bintitan. Rebuslah 2-4 sendok makan ketumbar dalam air. Lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mengkompres mata anda. Kandungan antioksidan didalamnya mampu mengurangi rasa sakit dan membunuh bakteri.

7. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki senyawa yang dapat menyembuhkan mata bintitan. Sifat antibakteri dan anti inflamasi pada daun jambu biji ini mampu mengatasi secara alami dan efektif. Ambilah beberapa lembar daun jambu biji. Tumbuk sampai halus lalu bubuhkan pada kelopak mata yang bengkak akibat bintitan.

8. Kunyit

Kunyit merupakan obat alami yang bisa anda pilih untuk mengobati masalah mata yang bintitan. Antibakteri dan anti inflamasi didalamnya mampu membunuh bakteri penyebab mata bintitan. Haluskan kunyit  yang dicampur dengan air. Lalu gunakan untuk mengkompres mata anda.

9. Bunga

Anda bisa menggunakan bunga apapun untuk menyembuhkan mata bintitan. Melati, mawar, kenanga, bunga sepatu, atau bunga lainnya. Remas hingga hancur dan gosokkan perlahan pada bagian mata yang bintitan. Mata anda akan kembali normal setelah beberapa saat. Cara ini akan sangat efektif terutama mata bintitan akibat gigitan serangga.

Baca juga : Manfaat air mawar untuk kesehatan dan kecantikan

Pencegahan mata bintitan

Agar mata anda tidak bintitan lagi, tentu anda harus melakukan pencegahan dimulai dari sekarang. Anda bisa melakukan beberapa pencegahan seperti berikut ini:
1. Jangan menggosok mata. Sebab hal ini bisa menyebabkan mata iritasi dan menyebabkan bakteri pindah ke mata.
2. Cucilah mata anda sebelum menyentuh mata. Pakailah kacamata pelindung saat membersihkan rumah anda agar mata terhindar dari debu.
3. Jika menggunakan lensa kontak, cuci dan sterilkan lensa sebelum anda menggunakannya. Pastikan lensa sudah bersih sebelum anda memasangnya.
4. Perhatikanlah kosmetik yang anda gunakan. Hindarilah kosmetik yang telah kadaluarsa. Sebelum anda tidur, bersihkan dandanan anda. Buanglah kosmetik dari mata yang telah anda gunakan sebelum anda tidur.
5. Segeralah tangani dengan cepat infeksi atau inflamasi pada kelopak mata dengan seksama.

Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Alami Mengobati Mata Bintitan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.