Penyebab Dan Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Unknown

Penyebab Dan Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak - Secara alami kulit akan memproduksi minyak sebagai pelindung dari polusi, debu, kotoran, radikal bebas serta sebagai pelumas kulit agar kulit tetap lembab, kenyal serta tidak kering. Namun produksi minyak berlebih pada kulit juga akan menjadi sumber masalah. Ya kulit yang berminyak akan menjadi terlihat kusam, gelap serta meningkatkan resiko jerawat dan masalah kulit lainnya.

Singkat cerita, memiliki kulit wajah yang berminyak tentu sangat mengganggu sekali. Kulit wajah akan terlihat mengkilap dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Selain itu hampir semua permasalah pada kulit wajah berawala dari masalah kulit berminyak. Untuk itu masalah kulit berminyak harus kita atasi.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Namun sebelum kita membahas tentang cara mengatasi masalah kulit berminyak, kita cari tahu dulu apasajakah penyebab kulit berminyak, sehingga kita lebih mudah mengatasi serta mencegahnya. Berikut penyebab kulit wajah berminyak.
Penyebab Dan Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
Penyebab Dan Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Penyebab kulit wajah berminyak

1. Makanan berlemak

Penyebab utama dari kulit berminyak adalah karena mengkonsumsi makanan berlemak. Ya makanan berlemak selain dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan juag dapat menyebabkan masalah pada kulit seperti kulit berminyak. Makanan berlemak seperti gorengan, makanan bersantan, makanan cepat saji dan lain sebagainya akan mendorong kulit memproduksi minyak berlebih, akibatnya kulit menjadi berminyak dan kusam, Untuk itu baikinya anda hindari makanan berlemak.

2. Hormon yang tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang juga merupakan penyebab utama kulit berminyak. Hal ini biasanya terjadi pada anak usia remaja yang memasuki usia puper. Anak remaja akan menghadapi masalah dan hal-hal baru seperti masalah kulit berminyak, namun masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika memasuki usia dewasa, dan akan muncul lagi ketika masa menstruasi.

3. Siklus menstruasi

Khusus pada wanita, kulit wajah berminyak terjadi juga dikarenakan siklus menstruasi. Hal ini dikarenakan wanita akan memproduksi banyak hormon ketika masa menstruasi. Hal ini tentu akan berdampak pada kulit wajah, kulit akan menjadi berminyak, kusam hingga mudah bermasalah seperti muncul jerawat, komedo dan lain sebagainya.

4. Stres

Selain siklus menstruasi, keadaan stres juga dapat meningkatkan produksi hormon yang menyebabkan kulit menjadi berminyak. Orang stres cenderung memiliki kulit wajah yang kusam dan berminyak, hal ini karena wajah memproduksi banyak kortisol, baiknya anda hindari stres jika tak ingin kulit wajah anda berminyak.

5. Keturunan

Masalah kulit wajah berminyak juga bisa disebabkan karena keturunan. Orang tua akan menurunkan atau mewariskan sifat genetiknya kepada sang anak. Jadi ketika anda memiliki orang tua yang bermasalah pada kulit wajah seperti wajah berminyak, kemungkinan besar anda juga akan memiliki masalah yang sama yaitu masalah kulit wajah berminyak.

6. Produk kecantikan

Salah dalam menggunaka produk kecantikan tentu akan berdampak buruk pada kecantikan kulit, salah satu dampak buruk tersebut adalah kulit berminyak. Untuk itu baiknya anda pilih kosmetik atau produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit anda.

7. Cuaca

Perubahan cuaca yang ekstrim dan mendadak juga dapat menyebabkan kulit wajah berminyak. Ya ketika suhu disekitar kita berubah akan berdampak pada kulit kita, kulit menjadi berminyak dan kering, hal ini bisa kita rasakan saat kita keluar dari mobil ber AC, ruangan mobil yang dingin berubah menjadi panas saat kita keluar menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak dan tidak nyaman.

8. Masalah lain

Masalah lain yang menjadi penyebab kulit wajah berminyak adalah karena faktor obat, alergi dan lain sebaganya.

Cara alami mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak

Untuk terhindar dari masalah kulit wajah berminyak, tentunya sebisa mungkin kita harus menghindari segala hal yang menyebabkan kulit wajah berminyak seperti yang telah disebutkan diatas. Namun jika masalah kulit berminyak terlanjur terjadi, anda tak perlu panik. Ada banyak cara untuk mengatasinya. Nah berikut cara alami mengatasi kulit wajah berminyak.

1. Rajin mencuci kulit wajah

Cara pertama untuk mengatasi kulit wajah berminyak yaitu dengan membersihkan atau mencuci kulit wajah. Anda bisa mencuci kulit wajah 5 kali dalam sehari atau ketika menjelang waktu sholat, dan anda disarankan untuk menggunakan sabun khusus wajah 2 kali dalam sehari. Jangan lupa untuk membersihkan make up setelah dirasa tidak perlu atau membersihkan make up sebelum tidur.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat menjadi masker ampuh untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang mampu menjaga kecantikan dan kelembaban kulit wajah. Untuk masalah kulit berminyak, bisa kita atasi dengan cara menggunakan masker jeruk nipis. Caranya yaitu bersihkan kulit wajah anda, kemudian anda belah jeruk nipis menjadi 2 dan kemudian anda gosokan pada kulit wajah anda secara merata, diamkan selama 15 menit atau hingga kering dan bilas dengan air hingga bersih. Cara ini juga sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat.

3. Masker bengkoang

Masker bengkoang merupakan masker yang biasa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah, Hal ini memang bengkoang memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit. Selain mencerahkan kulit, bengkoang juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Cara menggunakannya yaitu anda haluskan bengkoang, kemudian anda jadikan sebagai masker wajah, diamkan selama 15 menit atau anda bisa diamkan selama semalam, maka kulit wajah anda akan terbebas dari minyak serta putih cantik alami.

Baca juga : Manfaat masker bengkoang dan cara membuatnya

4. Madu

Madu juga merupakan bahan alami yang biasa digunakan sebagai perawatan kecantikan. Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit, salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Untuk menggunaknnya sangat mudah sekali, anda bersihkan kulit wajah anda, kemudian anda oleskan madu secara merata, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan dengan madu ini 1 kali dalam seminggu, maka selain bebas dari minyak, kulit wajah anda juga akan kenyal serta awet muda cantik alami.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan dan cara membuatnya

5. Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang kaya akan kandungang air. Dengan kandungan air yang melimpah tersebut membuat mentimun ampuh untuk melembabkan kulit serta mengatasi masalah pada kulit termasuk kulit berminyak. Untuk menggunakannya kita cukup menjadikannya sebagai masker wajah, Caranya yaitu anda haluskan mentimun, kemudian anda oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker mentimun

6. Tomat

Masker tomat merupakan masker yang ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. Hal ini dikarenakan selai kandungan vitamin C, tomat juga mampu mengontrol produksi minyak yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Nah dengan demikian, kita dapat menggunakan tomat sebagai masker wajah untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Cara menggunakanya yaitu haluskan tomat, lalu oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker tomat dan cara membuatnya

7. Masker semangka

Sama halnya dengan mentimun, semangka juga merupakan buah yang kaya akan kandungan air sehingga sangat efektif untuk mengatasi kulit kering ataupun berminyak. Untuk menggunakannya anda cukup menjadikan semangka sebagai masker wajah, jika anda tak mau repot anda bisa menggosokan kulit semangka bagian dalam pada kulit wajah secara merata, maka kulit wajah akan segar dan terbebas dari masalah minyak berlebih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker semangka

8. Masker pisang

Pisang mengandung vitamin A, B dan E yang ampuh menjaga kulit tetap awet muda. Selain itu pisang juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Hal inilah yang membuat banyak wanita menggunakan pisang sebagai salah satu masker kecantikan. Untuk menggunakanya sangat mudah sekali, haluskan pisang, kemudian anda oleskan pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Anda juga bisa mencampurkan susu, madu atau bahan alami lainnya.

Baca juga : Manfaat masker pisang dan cara membuatnya

9. Masker susu atau yougurt

Masker berikutnya yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit berminyak yaitu masker susu ayau yougurt. Kedua bahan alami tersebut selain dapat membuat kulit putih juga dapat mengatasi masalah kulit seperti kulit berminyak. Cara menggunakannya yaitu anda cukup mengaplikasikan susu atau yougurt pada kulit wajah, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker yougurt

10. Seledri

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan seledri. Seledri juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Caranya yaitu rebus beberapa daun seledri, diamkan hingga dingin dan gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar meresap dan bilas hingga bersih.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Dan Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak. Selain perawatan diatas, anda juga disarankan untuk memperbanyak minum air serta mengkonsumsi buah dan sayuran agar kulit wajah bersih, lembab terbebas dari minyak berlebih. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.