Manfaat Luar Biasa Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

citra indah

Manfaat Luar Biasa Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Bawang merah sejak dahulu sudah dikenal sebagai tanaman rempah-rempah. Siapa sangka jika bawang merah ini selain menjadi bumbu dalam bahan masakan juga ternyata banyak memiliki khasiatnya. Bawang merah banyak bermanfaat buat tubuh karena kandungan nutrisinya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat luar biasa bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan. Anda pasti penasaran bukan dengan isinya, untuk itu langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Manfaat Luar Biasa Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Luar Biasa Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

 Kandungan gizi bawang merah

* 64 kalori
* 15 gram karbohidrat
* 7 gram gula
* 3 gram serat
* 2 gram protein

Tingginya kandungan nutrisi yang terdapat dalam bawang merah ini tidak kalah dengan bawang putih yang sama-sama ampuh dalam menangkal berbagai macam penyakit berbahaya serta menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan

1. Mencegah kanker

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C, kandungan tersebut bisa sebagai antioksidan yang bisa berfungsi untuk membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab munculnya kanker.

2. Mengontrol diabetes

Makan bawang merah dalam keadaan mentah dipercaya bisa meningkatkan produksi insulin, so ketika seseorang rutin mengkonsumsi bawang merah mentah, hal tersebut bisa membantu memiliki kesehatan yang maksimal dan tubuhnya pun bisa mengontrol diabetes dengan baik.

3. Menyehatkan jantung

Siapa yang tidak ingin jantungnya sehat? pasti semuanya menginginkannya. Jantung merupakan organ manusia yang paling penting, untuk itu anda harus selalu menjaganya. Agar jantung anda selalu sehat, cara mudah yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi bawang merah. Nutrisi yang terkandung dalam bawang merah tersebut bisa melindungi jantung dari berbagai virus dan serangan bakteri penyebab penyakit.

4. Atasi radang tenggorokan

Biasanya saat terjadinya pergantian musim atau pancaroba, orang mudah terserang penyakit flu, bahkan terkadang mengalami radang tenggorokan. Agar saat pergantian musim anda bisa terhindar dari radang tenggorokan, cobalah anda mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah, nutrisi yang terkandung dalam bawang merah dipercaya bisa berkhasiat mengatasi radang tenggorokan.

5. Menurunkan berat badan

Jika anda memiliki masalah dengan berat badan, cobalah anda mengkonsumsi bawang merah mentah saat menjalankan progam diet anda setidaknya 3 sampai 4 siung bawang merah setiap harinya. Kandungan kromiun yang ada dalam bawang merah dipercaya bisa mempercepat menurunkan berat badan.

6. Mengatur tidur dan suasana hati

Kandungan folat dalam bawang bisa membantu mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang bisa mencegah darah serta nutrisi lain untuk mencapai otak, selain itu juga bisa mengatur suasana hati dan nafsu makan menjadi lebih baik.

7. Mengatasi perut kembung pada anak-anak

Anak-anak bisa dengan mudah terserah masuk angin yang bisa menyebabkan perut kembung. Cara mudah untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan bawang merah, haluskan bawang merah kemudian beri sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada pusar si anak.

Baca juga : Cara ampuh atasi perut kembung atau masuk angin

8. Meredakan batuk

Batuk sering terjadi pada saat cuaca dingin, anak-anak pun juga sering terkena batuk. Resep penyembuhannya yang paling mudah yaitu dengan menggunakan bawang merah yang telah diparut, kemudian tambahkan minyak telon, balurkan pada sekujur punggung sambil sedikit diurut.

9. Menjaga kekebalan tubuh

Jus bawang merah yang dikombinasikan dengan madu jika dikonsumsi secara rutin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa membunuh virus maupun bakteri. Sehingga tubuh bisa menjadi lebih sehat serta tidak mudah terserang penyakit.

10. Memperlambat pikun

Manfaat lain dari bawang merah yaitu bisa meningkatkan sistem kerja otak serta bisa mencegah penyakit alzheimer atau kepikunan. Dengan mengkonsumsi bawang putih secara teratur maka daya ingat akan tetap terjaga.

11. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang merah. Presentase osteoporosis seseorang bisa dikurangi sekitar 25% dengan mengkonsumsi rutin bawang merah.

12. Mengatasi sengatan atau gigitan matahari

Rasa sakit atau gatal yang disebabkan oleh gigitan atau sengatan serangga bisa diatasi hanya dengan menggunakan bawang merah. Tentu hal tersebut tidak asing bagi kita, karena dulu ketika kita masih kecil orang tua sering menggosokkan bawang merah disaat terkena gigitan serangga.

Manfaat untuk kecantikan

1. Mencegah penuaan dini

Zat antioksidan yang terkandung dalam bawang merah dipercaya bisa melawan efek buruk yang ditimbulkan oleh sinar ultraviolet pada kulit. Sehingga hal tersebut bisa mencegah penuaan dini.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi penuaan dini

2. Mencegah dan mengobati jerawat

Dalam bawang merah terkandung zat ati bakteri dan anti peradangan. Bawang putih juga bisa membantu dalam mencegah jerawat serta bisa menghilangkan bekas jerawat.

3. Mencerahkan wajah

Bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang bisa memelihara kecantikan kulit serta vitamin Cnya juga bisa mencerahkan warna kulit.

Baca juga : Cara alami mencerahkan kulit wajah

4. Mengatasi flek hitam

Manfaat lain dari bawang merah yaitu bisa mencerahkan wajah. selian itu bisa mengobati flek hitam serta pigmentasi pada kulit wajah anda.


Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.