Makanan Sehat yang Bantu Turunkan Berat Badan

Makanan sehat yang bantu turunkan berat badan - Berat badan yang berlebih memang sangat menggangu keseharian setiap orang. Bukan hanya mengganggu penampilan saja yang bisa mengurangi rasa percaya diri. Tapi juga menganggu aktivitas yang membuat seseorang merasa mudah lelah.

Berat badan yang berlebih pada umumnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Yaitu pola makan yang tidak teratur, sembarangan, dan berlebihan, serta tidak disertai olahraga rutin. Sebenarnya berat badan yang berlebih bisa diatasi dengan menggunakan banyak cara. Tergantung tingkatan tinggi rendahnya berat badan yang dialami.

Yang paling penting dalam proses penurunan berat badan adalah selalu menjaga pola hidup sehat agar berat badan bisa terkontrol dengan baik. Asupan makanan pun harus diperhatikan kandungan gizi dan takarannya makannya. Anda juga bisa menurunkan berat badan yang berlebihan dengan memanfaatkan makanan yang ada. Tentunya makanan yang sehat. Berikut ini beberapa makanan sehat yang bantu turunkan berat badan:
Makanan Sehat yang Bantu Turunkan Berat Badan
Makanan Sehat yang Bantu Turunkan Berat Badan

1. Jeruk lemon

Jeruk lemon memiliki banyak kandungan baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Caranya, anda cukup memeras setengah buah lemon kedalam air. Lalu tambahkan satu sendok madu dan kemdunian diminum. Cara ini adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Lemon mampu membantu membakar lemak dalam tubuh anda.

Baca juga : Manfaat lemon untuk kesehatan

2. Kacang almond

Kacang almond juga bisa anda pilih untuk membantu menurunkan berat badan anda. Kandungan serat, protein, zat besi, magnesium, serta vitamin E dapat membantu membakar lemak dalam tubuh anda. Konsumailah kacang almond secara rutin agar bisa mendapat manfaat secara maksimal. Anda bisa mengkonsumsinya secara mentah atau setelah diproses.

Baca juga : Manfaat luar biasa almond untuk kesehatan dan kecantikan

3. Apel

Apel adalah salah satu sumber serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apel mampu memerangi koresterol dalam tubuh anda. Kandungan vitamin C, quecertin, dan plavanoid didalamnya mampu menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit seperti penyakit kanker yang mematikan. Konsumsilah secara rutin untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatn.

4. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan kalsium, potassium, dan vitamin A serta C yang dapat membantu menurunkan berat badan dalam tubuh anda. Agar anda memperoleh hasil yang maksimal, anda hanya perlu memasaknya dengan standar yang baik, yaitu jangan memasak terlampau masak, serta jauhi menggunakan saus serta keju terlalu berlebihan.

5. Blueberry

Anda juga bisa memanfaatkan buah yang satu ini untuk membantu menurunkan berat badan. Buah bluerberry ini memiliki kandungan serat, vitamin C, serta antioksidan yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah bluerberry secara rutin akan dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh anda.

6. Bayam

Bayam sangat kaya akan zat besi, magnesium, dan vitamin A serta C yang sangat efektif untuk membantu turunkan berat badan. Anda bisa memanfaatkan bayam sebagai menu makan sehari-hari. Tapi ingat, jangan dimasak dua kali atau dihangatkan kembali. Sebab jika dimasak dua kali kandungan didalamnya akan berubah menjadi racun.

7. Kacang merah

Kacang merah juga sangat kaya akan kandungan serat, protein, zat besi, fosfor, magnesium yang tinggi, serta beberapa vitamin dan mineral lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kacang merah ini juga dapat membantu menurunkan berat badan anda. Konsumsilah kacang merah ini secara rutin agar mendapat hasil maksimal.

8. Ubi

Ubi sangat kaya akan kandungan vitaminnya, yaitu vitamin A, B, C, dan E yang sangat membantu menurunkan berat badan. Ditambah lagi ubi sangat rendah kalori. Sehingga memudahkan anda untuk proses diet. Konsumsilah ubi secara rutin setiap harinya agar berat badan anda bisa turun dengan cepat.

9. Salmon

Banyak macam ikan dan seafood yang baik untuk kesehatan. Namun diantara itu semua, salmon memiliki keistimewaan yang bagus dan lebih dari semuanya. Kandungan protein dan asam amino omega 3 yang tinggi, dapat membantu menurunkan berat badan serta menghindarkan dari serangan berbagai macam penyakit.

10. Gandum

Gandum sangat kaya akan kandungan vitamin B3, thiamin atau vitamin B1, zat besi, serat, serta vitamin E. Kandungan tersebut dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan. Konsumsilah gandum secara rutin agar berat badan anda bisa lebih stabil dan turun lebih cepat.

11. Teh hijau

Anda juga bisa memanfaatkan teh hijau untuk masalah menurunkan berat badan. Kandungan antioksidan didalamnya sangat baik untuk kesehatan. Konsumsilah teh hijau tanpa tambahan gula dan susu agar bebas dari kalori. Jika anda ingin yang manis, anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami. Teh hijau mampu membantu menghindarkan dari berbagai penyakit seperti batu ginjal, jantung, hipertensi, dan beberapa jenis kanker. Dan teh hijau juga dapat mengurangi resiko gigi berlubang. Konsumsilah secara rutin untuk hasil maksimal.

Baca juga : Sejuta manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Makan yang Baik untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Setelah anda tahu beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan anda. Sekarang saatnya anda tahu bagaimana cara makan yang baik dan benar agar berat badan tidak selalu naik. Nah, berikut ini cara makan yang baik untuk bantu menurunkan berat badan:

1. Kunyah perlahan

Ketika anda mengkonsumsi makanan, hendaknya dikunyah hingga benar-benar halus. Jangan langsung ditelan sebelum makanan itu halus. Sebab jika belum halus dan langsung ditelan, hal itu akan menggunggu sistem pencernaan anda. Nikmatilah setiap kunyahannya. Selain nikmat, mengunyah lebih lama juga akan menguatkan gigi anda. Dan anda pun tidak perlu khawatir pencernaan bermasalah.

2. Makan makanan berserat

Konsumsilah makanan yang mengandung serat berlimpah. Kandungan serat dalam makanan mampu melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan anda. Anda bisa memilih makanan berserat seperti sayur, buah, serta kacang-kacangan. Semua itu dapat menstimulasi mulut untuk mengemut makanan tersebut. Dengan makanan berserat ini, orang akan makan lebih lama dan tidak terburu-buru.

3. Jangan menunggu lapar

Jika anda ingin makan, jangan menunggu hingga anda benar-benar lapar. Sebab hal ini dapat membuta anda makan berlebihan dan terburu-buru. Makanlah sebelum anda benar-benar lapar. Ketika anda sudah mulai merasa lapar, maka langsunglah mengambil makanan dan nikmati makanan tersebut secara perlahan. Setelah makan, anda juga bisa menambahkan buah-buahan untuk mencegah lapar nantinya.

4. Letakkan sendok

Makanlah secara perlahan dan jangan terburu-buru. Ketika anda baru memasukkan makanan kedalam mulut, lalu letakkanlah sendok anda diatas piring atau mangkuk. Hal ini dapat mencegah anda makan terburu-buru. Hal ini juga bisa membantu anda untuk mengunyah lebih lama lagi atas makanan yang anda makan.

5. Mindful eating

Teknik mindful eating ini sangat baik untuk anda terapkan saat makan. Teknik ini membantu anda menghindarkan dari cara makan yang terburu-buru. Teknik ini juga dapat membantu mengontrol pikiran agar tidak mudah timbul keinginan sering makan. Teknik ini juga dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan secara efektif, aman, dan cepat.

Demikianlah informasi tentang Makanan Sehat yang Bantu Turunkan Berat Badan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.