Cara Alami Mengobati Luka Yang Bernanah

citra indah

Cara Alami Mengobati Luka Yang Bernanah - Luka yang bernanah merupakan luka yang terinfeksi yang menjadi parah karena tidak segera diobati. Luka kecil yang tersayat ataupun tergores bisa menjadi bernanah jika tidak segera ditangani atau mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan luka semakin parah seperti daging ayam, udang dan lain sebagainya.

Luka yang bernanah membuat tubuh tidak nyaman, terasa sakit dan pegal. Selain itu luka yang bernanah juga membuat orang menjadi kurang percaya diri dan merasa jijik. Oleh sebab itu luka yang bernanah harus segera diobati agar tidak semakin parah.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa cara alami untuk mengobati luka yang bernanah. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat. Berikut Cara alami mengobati luka yang bernanah.
Cara Alami Mengobati Luka Yang Bernanah
Cara Alami Mengobati Luka Yang Bernanah

1. Menggunakan garam dan air hangat

Air hangat yang telah dicampuri garam dipercaya bisa mengobati luka yang bernanah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa garam memiliki kemampuan luar biasa dalam menyembuhkan luka. Maka dari itu tidak heran jika kita jumpai banyak orang yang ingin menyembuhkan lukanya dengan mandi di laut. Cara penggunaan untuk pengobatannya pun cukup mudah, yaitu dengan melarutkan air hangat dengan garam, kemudian bersihkan luka tersebut dengan larutan air garam agar luka cepat mengering.

2. Menggunakan air kunyit

Kunyit mengandung antibiotik yang berguna untuk membuat luka menjadi cepat kering. Caranya yaitu ambil kunyit kemudian peras dan ambil airnya. Setelah luka dibersihkan dengan air garam lalu oleskan kunyit pada bagian tubuh yang luka. Lakukan langkah tersebut dengan rutin.

3. Bubuk kopi

Bubuk kopi hitam bisa berkhasiat untuk mengobati berbagai macam luka seperti luka terbakar, terjatuh, tergores atau bahkan koreng yang sudah terinfeksi sampai keluar nanahnya. Bubuk kopi memiliki sifat antibkteri yang kuat yang bisa membunuh berbagai macam bakteri yang bersarang pada luka. Caranya yaitu cukupnya taburkan bubuk kopi pada luka sampai luka tertutup merata. Biarkan beberapa saat jangan terkena air untuk sementara waktu. Ingat yang anda pakai yaitu kopi murni bukan kopi sasetan yang ada campuran susunya. Jika anda alergi dengan kopi sebaiknya anda hentikan pengobatan dengan kopi ini.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker kopi

4. Minyak kayu putih

Siapapun pasti sudah tidak asing lagi dengan minyak kayu putih. Minyak kayu putih merupakan obat herbal yang biasa digunakan untuk mengobati masuk angin. Selain itu minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit luat seperti alergi, gigitan serangga hingga luka yang bernanah. Minyak tersebut mengandung analgesik yang berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri dan desinfektan yang berkhasiat untuk mengobati infeksi. Caranya yaitu bersihkan luka kemudian oleskan minyak kayu putih tersebut pada luka. Hentikan jika luka terasa panas.

Tips cara merawat luka basah

1. Jangan sampai luka terkena air
2. Luka jangan diperban ataupun ditutup
3. Biarkan luka agar terbuka biar oksigen bisa masuk
4. Bersihkan luka menggunakan kain yang basah dan bersih
5. Gunakan obat tabur luka agar cepat kering
6. Taburkan secara merata pagi dan malam

Baca juga : Cara alami menghilangkan bekas luka dengan cepat dan aman

Sebenarnya cara di atas sudah bisa menjadi solusi untuk mengobati luka yang bernanah agar bisa cepat kering, kuncinya yaitu pada obat tabur extrac bultilosar ( Chitin ) yang mengandung senyawa aktif yang bisa berfungsi untuk penyembuhan luka agar cepat kering. 

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mengobati Luka Yang Bernanah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.