12 Masker Alami Untuk Atasi Kulit Wajah Kering Dan Kusam

Masker Alami Untuk Atasi Kulit Wajah Kering Dan Kusam - Kulit wajah kering dan kusam biasa terjadi ketika cuaca panas dan bisa terjadi pada siapapun baik pria maupun wanita. Masalah kulit wajah kering dan kusam tentu sangat mengganggu penampian, selain membuat tidak nyaman, kulit kering dan kusam juga merupakan menyebab masalah kulit lainnya seperti kuli gelap, berminyak, jerawat, komedo hingga keriput. Oleh sebab itu masalah kulit wajah yang kering dan kusam harus segera diatasi.

Kulit wajah yang kering dan kusam disebabkan karena kulit wajah kekurangan cairan sehingga kehilangan kelembaban kulit. Hal tersebuy terjadi disebabkan oleh banyak faktor seperti terlalu lama atau sering terpapar oleh sinar matahari, kebutuhan ciaran yang kurang, kebiasaan begadang, kebiasaan merokok, kebiasaan mengkonsumsi kafein, salah dalam menggunakan kosmetik dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Namun apapun penyebabnya masalah kulit kering dan kusam harus segera diatasi agar tidak mengundang masalah kulit lainnya yang lebih serius. Ada banyak cara untuk mengatasi kulit kering dan kusam, namun yang terpenting adalah kita perbanyak minum air putih agar kelembaban kulit  selalu terjaga.

Nah untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam, biasanya orang mengggunakan masker wajah. Ada banyak masker wajah yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam. Berikut masker alami untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kering dan kusam.
12 Masker Alami Untuk Atasi Kulit Wajah Kering Dan Kusam
Masker Alami Untuk Atasi Kulit Wajah Kering Dan Kusam

1. Masker madu

Masker alami pertama yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering kusam adalah masker madu. Madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Madu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kecantikan kulit, madu biasanya digunakan sebagai masker wajah untuk mencerahkan serta melembabkan kulit wajah. Menggunakan masker madu secara rutin akan membuta kulit menjadi cerah dan awet muda. Nah masalah kulit kering dan kusam tentu dapat diatasi dengan masker madu, caranya mudah, cukup anda oleskan madu pada kulit wajah, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Lakukan seminggu 2-3 kali, maka kulit wajah anda akan lembab dan kenyal serta awet muda.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan dan cara membuatnya

2. Masker mentimun

Sudah bukan rahasia lagi jika mentimun merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah kulit kering dan beminyak. Kandungan air yang berlimpah pada mentimun serta nutrisi didalamnya sangat baik sekali untuk melembabkan dan mengatasi berbagai masalah kulit. Untuk menggunakannya yaitu anda haluskan mentimun, lalu anda oleskan pada kulit wajah anda secara merata, atau anda iris tipis mentimun dan anda tempelkan pada kulit wajah anda, diamkan selamam 15 meniy hingga meresap dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker mentimun

3. Masker es batu

Cara yang paling sederhana namun ampuh untuk mengatasi masalah kulit keirng dan kusam adalah dengan menggunakan es batu. Es batu memiliki efek dingin yang membuat kulit menjadi rileks dan nyaman serta dapat mengembalikan kelembaban kulit yang hilang. Cara menggunakannya mudah sekali, anda bungkus es batu dengan kain yang bersih, lalu anda oleskan atau anda kompreskan es batu tersebut pada kulit wajah anda secara merata selama beberapa menit, anda bisa melakukannya berkali-kali sesuai keingin anda.

Baca juga : Manfaat luar biasa es batu untuk kecantikan

4. Masker bengkoang

Masker bengkoang tidak hanya mencerahkan kulit wajah saja, namun juga melembabkan kulit wajah yang kering dan kusam. Cara menggunakannya mudah sekali, anda cukup menghaluskan bengkoang, lalu anda aplikasikan pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 25 menit hingga meresap dan bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan tersebut 2-3 kali dalam seminggu, maka tidak hanya kulit kering dan kusam saja yang teratasi, namun kulit anda akan menjadi putih, bersih dan cantik alami.

Baca juga : Manfaat masker bengkoang dan cara membuatnya

5. Masker jeruk nipis

Masker jeruk nipis merupkakan masker yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Namun selain itu masker jeruk nipis juga mampu melembabkan kulit yang kering dan kusam. Jeruk nipis mengandung vitamin C asam sitrat dan nutrisi lainnya yang baik untuk kecantikan kulit. Untuk menggunakannya anda cukup oleskan air perasan jeruk nipis pada kulit wajah, diamkan selama 20 menit atau hingga kering dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah

6. Kulit semangka

Hampir sama dengan mentimun, semangka juga merupakan buah yang kaya akan kandungan air sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam. Untuk menggunakannya mudah sekali, anda gunakan kulit semangka, gosokan kulit semangka bagian dalam ke kulit wajah secara halus dan lembut selama beberapa menit, diamkan sejenak agar meresap dan bersihkan dengan air hingga bersih.

7. Minyak zaitun

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan masker minyak zaitun. Minyak zaitun sudah digunakn sejak ribuan tahun yang lalu untuk perawatan kulit wajah, masalah kulit kering dan kusam dapat diatasi dengan minyak zaitun, bahkan semua masalah kulit dapat diatadi denga minyak zaitun, kandungan vitamin E dan nutrisi lainnya dalam minyak zaitun sangat baik untuk kecantikan kulit, tak heran jika minyak zaitun sering digunakan sebagai masker wajah. Caranya yaitu oleskan minyak zaitun pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 20 menit hingga meresap dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah

8. Masker tomat

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan masker tomat, tomat merupakan masker alami yang ampuh mengatasi jerawat, komedo, kulit kerinf dan kusam. Caranya mudah sekali, anda haluskan tomat dengan cara diblender, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata, diamkan hingga meresap selama kurang lebih 15 menit bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker tomat dan cara membuatnya

9. Masker susu

Masker susu juga ampuh untuk mengatasi kulit kering dan kusam, tidak hanya itu saja, masker susu juga ampuh mencerhakan kulit wajah dan mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Susu biasa digunakan sebagai masker wajah dan lulur. Nah dalam hal ini kita dapat menggunakan susu sebagai masker wajah. Caranya anda cukup oleskan susu pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

10. Masker putih telur

Masker putih telur selain ampuh mencerahkan kulit juga ampuh mengatasi masalah penuaan seperti garis halus dan keriput. Nah masalah penuan biasanya disebabkan karena kulit yang kering dan kusam, dengan demikian masker telur ampuh untuk mencegah serta mengatasi masalah kulit kering dan kusam. Caranya yaitu anda oleskan putih telur pada kulit wajah secara merata, diamkan hingga kering atau terasa kaku, biasanya selama 25 menit, bilas dengan air hingga bersih dan bau amisnya hilang.

Baca juga : Manfaat masker putih telur dan cara membuatnya

11. Masker pisang

Masker pisang juga dapat menjadi solusi jitu untuk masalah kulit kusam dan berminyak. Pisang akan melembabkan kulit yang kering. Caranya anda haluskan pisang yang sudah matang, kemudian anda oleskan pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

12. Masker pepaya

Masker berikutnya yaitu dengan menggunakan masker pepaya. Tak perlu dijelaskan lagi akan manfaat pepaya untuk kecantikan kulit. Sudah banyak produk kecantikan kulit yang mengunakan esktra dari buah pepaya. Untuk mengatasi kulit kering dan kusam dengan pepaya sangat mudah, yaitu anda haluskan buah pepaya matang, lalu anda oleskan pada kulit wajah, diamkan hingga kering selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker pepaya

Tips menghindari kulit kering dan kusam

- Hindari sengatan sinar matahari secara langsung
- Selalu gunakan pelembab kulit
- Gunakan tabir surya saat berada diluar ruangan
- Cukui kebutuhan cairan tubuh denga minum air 8 gelas dalam sehari
- Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran
- Hindari roko, kopi dan alkohol

Demikianlah informasi tentang 12 Masker Alami Untuk Atasi Kulit Wajah Kering Dan Kusam. Gunakan masker alami tersebut untuk mengatasi masalah kulit kering dan kusam. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimaksih.