Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Jahe merupakan tanaman rimpang yang sudah dikenal sejak dahulu sebagai bahan obat-obatan dan rempah-rempah. Jahe mempunyai ciri khas rimpang berbentuk jemari yang menggelembung tengahnya. Rasa pedas yang terdapat pada jahe disebabkan oleh senyawa keton yang bernama zingeron.

Jahe dipercaya berasal dari daratan India, namun juga ada yang mengatakan kalau jahe berasal dari daerah Tiongkok. Jahe merupakan salah satu komoditas populer di daerah eropa sebagai bahan rempah-rempah dan obat-obatan. Sifat pedas dan hangat yang terdapat pada jahe bisa berguna untuk kesehatan tubuh kita.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis jahe, diantaranya yaitu jahe meraj, jahe kuning, jahe gajah dan lain sebagainya. Banyak para ahli dalam bidang pengobatan yang telah memanfaatkan tanaman jahe ini sebagai salah satu bahan obat, karena sudah banyak yang terbukti kalau tanaman jahe ini banyak manfaatnya. Pada artikel kami kali ini akan kami kupas beberapa manfaat dari tanaman jahe baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan. Berikut Manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan.
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

A. Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Menghangatkan tubuh

Salah satu manfaat jahe yang paling terkenal yaitu bisa menghangatkan suhu tubuh. Bagi penduduk daerah pegunungan biasanya minuman jahe ini sudah menjadi konsumsi wajib setiap paginya, karena hawa yang dingin di pegunungan bisa terobati salah satunya yaitu dengan meminum wedang jahe. Disamping itu jahe juga memiliki antitoksin dan antivirus yang bisa mengobati masuk angin dan batuk.

2. Pencegahan timbulnya kanker

Kandungan ekstra jahe bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker ginjal, prankeas, kanker paru-paru dan gejala kanker kulit.

3. Mengatasi masalah pernapasan

Umumnya masalah pernapasan yang sering diderita yaitu masalah batuk dan pilek, jahe merupakan ekspektoran alami yang bisa berfungsi melegakan sistem pernapasan. Dengan meminum segelas wedang jahe bisa menghilangkan dan mengeluarkan lendir sehingga sistem pernapasan bisa pulih seperti sedia kala.

4. Melancarkan pencernaan

Minuman jahe merupakan salah satu pilihan tepat untuk melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan, jahe juga bisa mencegah sakit perut dan juga membantu penyerapan makanan karena jahe sifatnya mengurangi peradangan pada tenggorokan.

5. Mengatasi memar dan rasa nyeri

Terjadinya benturan benda tumpul kadang bisa menyebabkan timbulnya memar pada kulit. Kandungan senyawa dalam jahe bisa meredakan nyeri akibat benturan benda tumpul tersebut. karena jahe merupakan anti inflamasi yang bisa mengurangi rasa nyeri.

6. Menurunkan berat badan

Kandungan sari jahe bisa berfungsi melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh, selain itu kandungan kalorinya juga sedikit sehingga sangat baik dikonsumsi buat orang yang sedang menjalani progam diet.

7. Menjaga kondisi jantung

Terlalu banyak kolesterol yang tersusun dari lemak hewani dan nabati bisa meningkatkan resiko gejala penyakit jantung. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengkonsumsi minuman jahe setiap harinya, karena di dalam jahe terkandung zat-zat yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh.

8. Mengatasi mabuk perjalanan

Jahe mempunyai kandungan yang sifatnya anti mual, jadi buat anda yang terbiasa mabuk kendaraan dalam perjalanan jauh maka alangkah baiknya anda mengkonsumsi minuman jahe hangat dulu sebeleum berangkat perjalanan.

9. Mengatasi morning sickness

Istilah morning sickness maksudnya yaitu mual pagi, salah satu gejala mual yang biasanya dirasakan oleh ibu-ibu hamil akibat sistem pencernaan sedikit terganggu. Wedang jahe bisa mengurangi rasa mual sehingga sangat baik diminum ketika perut terasa mual

10. Mencegah kanker usus

Salah satu ahli peneliti dari universitas di Amerika serikat menyatakan kalau jahe ini bisa mencegah penyakit usus besar ( kanker koloretal).

11. Mengobati sakit kepala

Aktivitas seharian kadang bisa memicu setres berlebih yang bisa menyebabkan resiko penyakit lain, maka dari itu ada baiknya setelah seharian beraktivitas dengan pekerjaannya anda menyambungnya dengan membuat wedang jahe yang hangat sambil melepas lelah dan bercanda dengan keluarga agar pikiran terasa lebih segar.

12. Mengobati alergi

Jahe memiliki manfaat sebagai anti alergi karena di dalamnya terkandung senyawa yang berfungsi bisa mengurangi rasa gatal-gatal akibat alergi kulit.

13. Mengilangkan mual dan mengobati masuk angin

Masalah yang terjadi akibat sistem pencernaan yang kurang baaik bisa menyebabkan perut jadi mual bahkan ingin muntah, kondisi tersebut juga sering terjadi pada orang yang mengalami masuk angin, sebagai pertolongan pertama sebaiknya jangan menggunakan obat-obatan kemasan dulu, cobalah dengan meminum seduhan jahe hangat agar lambung terasa nyaman.

Baca juga : Cara ampuh atasi perut kembung atau masuk angin

14. Mengobati penyakit rematik

Caranya yaitu siapkan dua rimpang jahe kemudian dibakar di atas bara api, lalu tumbuh sampai halus, setelah itu aplikasikan pada tubuh anda yang terkena gejala rematik.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika sistem imunitas dalam tubuh kuat maka bakteri bisa ditangkalnya. Salah satu cara untuk menambah sistem kekebalan tubuh yaitu dengan mengkonsumsi wedang jahe secara teratur karena dalam ekstra jahe terkandung antioksidan yang baik buat tubuh.

B. Manfaat jahe untuk kecantikan

Jahe selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Jahe biasa dijadikan sebagai masker wajah dengan campurkan bahan alami lainnya. Nah berikut beberapa manfaat jahe untuk kecantikan.

1. Mengatasi masalah kulit berminyak

Minyak pada kulit bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lembab serta melindungi kulit atar tetap elastis dan tidak mudah keriput, Namun produksi minyak pada kulit yang berlebihan akan menyebabkan berbagai masalah. Banyak kotoran, debu dan polusi yang menempel pada kulit wajah akibat kulit wajah yang berminyak. Akibatnya kulit wajah menjadi kusam, gelap hingga muncul komedo atau jerawat. Nah masalah kulit berminyak yang berlebih tersebut dapat kita atasi dengan menggunakan jahe. Caranya sangat mudah sekali yaitu parut jahe, campurkan dengan bubuk kayu manis, bubuk pala, dan beri sedikit air hingga menjadi pasta, kemudian anda oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi kulit wajah berminyak

2. Mencegah serta mengatasi masalah jerawat

Masalah jerawat merupakan masalah umum yang pernah dialami oleh semua orang. Meskipun masalah umum, namun jerawat dapat merusak penampilan sehingga harus segera diatasi. Nah jahe juga dapat kita gunakan untuk mencegah atau mengatasi masalah jerawat. Caranya yaitu anda cuci kulit wajah anda dengan menggunakan air jahe.

Baca juga: Cara ampuh atasi jerawat dalam semalam

3. Menghaluskan kulit

Jahe juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Beberapa produk kecantikan seperti lulur banyak yang menggunakan ekstra jahe sebagai salah satu bahan utamannya. Hal ini dikarenakan jahe memiliki kandungan zat yang dapat membuat kulit menjadi halus dan lembut. Untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut, anda bisa menggunakan masker atau lulur yang mengandung ekstra jahe didalamnya.

Baca juga : Cara alami menghaluskan kulit wajah dengan cepat

4. Mengangkat sel kulit mati

Sel kuli mati selain membuat kulit wajah menjadi kusam, dan kasar juga membuat kulit wajah menjadi gelap. Untuk itu masalah sel kulit mati haru segera diatasi. Jahe dipercaya cukup efektif untuk mengatasi atau mengangkat sel kulit mati.

Baca juga : Cara alami mengangkat sel kulit mati

5. Menghilangkan selulit

Selulit kerap membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Selulit biasanya muncul ketika seseorang kehilangan banyak berat badan atau pasca melahirkan, sehingga muncul guratan-guratan halus pada kulit. Nah masalah selulit dapat kita atasi dengan menggunakan jahe. Caranya yaitu hanya meminum air rebusan jahe setiap hari, maka masalah selulit akan hilang secara perlahan.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi selulit

6. Mencegah serta mengatasi masalah penuaan dini

Munculnya tanda penuaan seperti kerutan atau garis halus merupakan momok yang sangat menakutkan sekali bagi wanita. Namun anda tak perlu khawatir, masalah kerutan atau penuaan dapat dicegah dan diatasi dengan menggunakan jahe. Caranya yaitu anda cukup rajin minum air jahe atau wedang jahe. Jahe mengandung zat yang dapat menghaluskan kulit serta mengencangkan kulit.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi penuaan dini

Efek samping penggunaan jahe

Jahe sebenarnya aman kalau dikonsumsi secara tepat, namun kadang juga bisa menimbulkan efek samping yang tidak terduga, seperti misalnya diare, mulas dan rasa yang tidak nyaman di dalam perut. Penggunaan jahe pada kulit terkadang juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit, dan menurut sebuah informasi ada yang mengatakan kalau wanita yang sedang mengalami menstruasi bisa menyebabkan tambahnya pendarahan apabila mengkonsumsi jahe.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi asam lambung

Demikianlah informasi tentang Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.